Ujian Nasional

Tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) tahun 2010 menurun sekitar 4% dibanding tahun lalu. Ini berarti semakin banyak saja siswa yang tidak lulus ujian. Entah karena nilai standart kelulusan yang dinaikkan menjadi 5,5 untuk rata-rata semua pelajaran atau memang sulitnya soal ujian yang menjadi faktor meningkatnya persentasi ketidak lulusan.

Tidak sedikit kasus siswa yang tidak lulus UN, tetapi ia dapat lulus SNMPTN. Bahkan ada juga yang telah masuk universitas negeri ternama lewat jalur PMDK. Seperti yang telah diketahui, PMDK adalah sistem seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang menggunakan nilai rapor sebagai syarat. Jika siswa berhasil masuk universitas lewat PMDK, berarti siswa tersebut selama 3 tahun mempunyai nilai yang diatas rata-rata.

Hal tersebut jelas sangat mengecewakan. Sehingga timbul banyak pemikiran ”Apakah dengan adanya UN dapat menjamin kemampuan siswa selama 3 tahun?”, ”Apakah perjuangan siswa selama 3 tahun hanya ditentukan dalam beberapa jam?”.

Beruntung tahun 2010 ini diadakan ujian pengulangan jika siswa tersebut tidak lulus tidak seperti 2 atau 3 tahun yang lalu, sehingga jika tidak lulus pada saat UN tidak perlu tinggal di kelas 3 atau mengikuti sistem paket. Mudah-mudahan dengan adanya ujian pengulangan angka kelulusan UN dapat bertambah. Dan juga berkurangnya hal-hal negatif seperti bunuh diri dan lain-lain akibat dari tidak lulus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: