Menurunkan Berat Badan dengan Diet Rendah Energi

Untuk menurunkan berat badan, dapat dilakukan dengan diet rendah energi.  Rata-rata jumlah kalori yang dihabiskan wanita yaitu 2000 kalori dan pria 2500 kalori dalam satu hari. Jika dalah satu hari kalori yang dibutuhkan dikurangi 500 – 1000 kalori maka berat badan akan berkurang ½ sampai 1 kg dalam waktu satu minggu.

Pengurangan ini dapat dilakukan dengan mengurangi porsi makan bukan dengan mengurangi frekuensi makan. Jika dalam satu hari biasa makan 3x, jangan dikurangi menjadi 1x. Boleh makan tetap 3x tetapi porsi makannnya yang biasanya 1 piring menjadi ½ piring. Dan jangan menghilangkan nasi, karena nasi mengandung karbohidrat, jika dalam sehari tidak ada karbohidrat yang masuk, maka badan akan menjadi lemah.

Yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung daging yang sudah melakukan proses berulang kali sepert nugget, sosis, ham, dan lain-lain. Karena 5 buah nugget mengandung 340 kalori dan 210 lemak. Hindari pula makanan yang mengandung gula. Ganti roti tawar biasa menjadi roti gandum. Karena roti gandum mengandung serat yang tinggi yang dapat membuat perut kita tidak cepat lapar. Banyak yang bilang susu membuat kita tambah gemuk, tapi jangan salah, susu itu baik untuk diet jika susu yang diminum adalah susu yang rendah lemak.

Selain itu, lakukan olahraga 30 menit sampai 1 jam per harinya. Untuk badan yang gemuk, lakukan olahraga yang ringan dan disarankan tidak melakukan olahraga seperti lompat atau lari. Karena setiap ia berlari atau melompat, maka ia menahan 2½x berat tubuhnya sehingga orang gemuk rentan dengan cedera.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: